Home » Visi Misi & Tujuan

Visi Misi & Tujuan

VISI

Terwujudnya Fakultas Hukum yang Islami, terpandang, berwibawa, bermutu tinggi, dan mampu berkompetisi di fora nasional dan internasional.

MISI

Mewujudkan pendidikan tinggi hukum yang bermutu, baik secara nasional maupun internasional, sehingga mampu menghasilkan Sarjana Hukum Muslim yang bermutu dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan hukum sesuai dengan Islam.

Memajukan penelitian hukum yang bermutu, sehingga menghasilkan publikasi pengetahuan baru yang bermutu dan bermanfaat bagi pengembangan Ilmu Hukum sesuai dengan Islam.

Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga mampu meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, dalam rangka kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang adil sesuai dengan Islam.

Mengembangkan pendidikan hukum lanjutan.

Mengembangkan pendidikan hukum berbasis kompetensi yang menekankan pada belajar berdasarkan masalah.

TUJUAN

Program pendidikan pada Fakultas Hukum Universitas YARSI merupakan pendidikan akademik profesional yang bertujuan menghasilkan Sarjana Hukum Muslim melalui kurikulum terintegrasi, proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik (student centered learning), sehingga mampu mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan perilaku untuk dapat:

  1. Menguasai pengetahuan dan keterampilan hukum dengan baik dan mengamalkan pengetahuan dan keterampilannya tersebut  sesuai dengan Islam.
  2. Mampu menganalisis dan memecahkan masalah-masalah hukum dalam masyarakat.
  3. Memperagakan kompetensi untuk mengelola institusi hukum dalam berbagai tingkat dan lingkungan serta bekerja secara efektif dan efisien dalam kelompok kerja, baik dalam pendidikan, penelitian maupun pelayanan sesuai dengan fasilitas yang tersedia.
  4. Mengenal masalah hukum secara keseluruhan dan mampu memperagakan keterampilan hukum dalam rangka memecahkan masalah hukum dalam masyarakat.
  5. Memperagakan kompetensi untuk mengelola pusat institusi hukum dalam berbagai tingkat dan lingkungan serta bekerja secara efektif dan efisien dalam kelompok kerja, baik dalam pendidikan, penelitian maupun pelayanan sesuai dengan fasilitas yang tersedia.
  6. Mengenal, merumuskan dan menyusun prioritas masalah hukum dalam masyarakat sekarang dan yang akan dating, memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip hukum dalam upaya membantu dan memimpin perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program-program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  7. Memperagakan kesadaran dan kepekaan terhadap nilai-nilai sosial, keagamaan, adat- istiadat dan kebudayaan setempat yang dapat mempengaruhi kesadaran hukum masyarakat.
  8. Memperagakan ketrampilan dan kemampuan sebagai seorang  yang menghayati profesinya, mengenal kekurangannya serta mempunyai kemampuan dan minat untuk menambah pengetahuan dan  mengembangkan kepribadiaannya demi kemajuan profesinya.
  9. Memperagakan penghayatan KODE ETIK PROFESI HUKUM sesuai dengan Islam.
  10. Memanfaatkan sebaik-baiknya sumber dan tenaga lainnya dalam meningkatkan kesadaran hukum  masyarakat.
  11. Berperan sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif dan bersikap terbuka, dapat menerima perubahan dan berorientasi ke masa depan serta mendidik dan mengajak masyarakat ke arah sikap yang sama.