Home » Sejarah

Sejarah

Fakultas Hukum Universitas YARSI (FHUY) didirikan pada tanggal 5 Oktober 1987 berdasarkan Surat Keptusan Badan Pembina YARSI No. 115/BIA-PEM/BA-PWNG/YRS/X/1987. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Republik Indonesia nomor 0616/0/1989 pada tanggal 21 September 1989 FHUY telah memperoleh status terdaftar; izin operasional FHUY sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 7015/D/T/K-III 2011 ditetapkan berlaku sampai dengan 21 Maret 2015. Pada saat ini FHUY memiliki 13 orang dosen tetap dengan mahasiswa aktif sekitar 184 orang per tahun. Pada saat sekarang ini, berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 013/BAN/-PT/Ak-SURV-II/S1/VII/2011 Program Studi Sarjana Ilmu Hukium, FHUY telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan berhasil memperoleh peringkat Akreditasi B pada tanggal 8 Juli 2011.

Pada permulaan berdirinya Fakultas Hukum Universitas Yarsi (FHUY), tepatnya periode tahun 1989-1992 FHUY dipimpin oleh H. Soeprapto, SH, dengan Abu Dinar, SH, sebagai Pembantu Dekan I (Bidang Akademik); Sofyan Chatib, SH, sebagai Pembantu Dekan II (Bidang Keuangan dan Personalia); dan, Drs. Yogi Sumakto, SH, sebagai Pembantu Dekan III (Bidang Kemahasiswaan).
Pada tahun 1992 – 1995 Fakultas Hukum Universitas YARSI dipimpin oleh Soeprapto, SH dengan Prof. Mariam Darus, SH sebagai Pembantu Dekan I (bidang akademik), Nelly Ulfah Anisa Riza, SH. MH sebagai Pembantu Dekan II (bidang Keuangan dan Personalia) dan Yusuf Shofie, SH.MH sebagai Pembantu Dekan III (bidang Kemahasiswaan dan Alumni).

Periode selanjutnya 1995 – 1998 FHUY dipimpin oleh Prof. Mariam Darus, SH sebagai Dekan, dengan DR. Hj. Hermayulis, SH., MS sebagai Pembantu Dekan I, Fatimah, SH sebagai Pembantu Dekan II dan Bachtiar Hosen, SH sebagai Pembantu Dekan III.
Periode 1998 – 2001 FHUY dipimpin oleh Prof. DR. Chatammarasjid, SH.. MH sebagai Dekan, dengan Drs. Yogi Sumakto, SH. MH sebagai Pembantu Dekan I, Nurul Fajri Chikmawati, SH. MH sebagai Pembantu Dekan II dan Bachtiar Hosen, SH sebagai Pembantu Dekan III. Ketika di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Chatammarasjid, Ais, S.H., M.H. FHUY telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan berhasil memperoleh peringkat Akreditasi A atau bagus sekali berdasarkan Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No : 04810/Ak-V-S1-004/UYAIHK/IV/2002, tanggal 05 April 2002.

Periode seterusnya yakni 2001 – 2005, Prof. Dr. Chatammarasjid, SH. MH menjabat kembali sebagai Dekan FHUY, dengan dibantu oleh Hermansyah, SH. MHum sebagai Pembantu Dekan I, dan Liza Evita, SH. MHum sebagai Pembantu Dekan II dan Bachtiar Hosen, SH sebagai Pembantu Dekan III yang kemudian digantikan oleh Ely AlawiyahJufri, SH.MH.

Periode 2005 – 2009 FHUY dipimpin oleh Dr. Hj. Hermayulis, SH. MS sebagai Dekan dengan dibantu oleh Yusuf Shofie, SH. MH yang kemudian digantikan oleh Nurul Fajri Chikmawati, SH.MH sebagai Wakil Dekan I (bidang pendidikan, kemahasiswaan dan alumni), DR. Hj. Endang Purwaningsih, SH.MHum yang kemudian digantikan oleh Haban Rofiq, SH. MH sebagai Wakil Dekan II (bidang Penelitian, Pengabdian dan Publikasi), dan Ely Alawiyah Jufri, SH. MH sebagai Wakil Dekan III (bidang SDM dan jaminan mutu).
Periode 2009 – 2013 FHUY dipimpin oleh DR. Hj. Endang Purwaningsih, SH. MHum sebagai Dekan, dengan dibantu oleh Nurul Fajri Chikmawati, SH. MH sebagai Wakil Dekan I, Liza Evita SH, MHum yang kemudian digantikan oleh Nelly Ulfah Anisa Riza, SH., MH sebagai Wakil Dekan II dan Evie Rachmawati Nur Ariyanti, SH.. MH sebagai Wakil Dekan III.

Periode 2013-2017 FHUY dipimpin oleh Dr. Drs. Yogi Sumakto, SH, SS, MH, M.Hum sebagai Dekan, dengan dibantu oleh Nurul Fajri Chikmawati, SH. MH sebagai Wakil Dekan I, Nelly Ulfah Anisa Riza, SH., MH sebagai Wakil Dekan II dan Evie Rachmawati Nur Ariyanti, SH., MH sebagai Wakil Dekan III. Pada periode kepemimpinan sekarang ini, Fakultas Hukum Universitas Yarsi merencakan membuka penyelenggaraan Pascasarjana Program Studi Ilmu Hukum sebagai bagian dari program Akademik FHUY yang menyelenggarakan pendidikan di tingkat Magister (S2).

Proses pembelajaran dewasa ini lebih diarahkan pada penguasaan ilmu hukum secara teoritis dan keterampilan hukum dengan sistem SKS sebagai satuan pengukur beban studi mahasiswa dan beban tugas bagi dosen. Karena itu terhadap dosen dituntut melakukan persiapan yang cukup untuk proses transfer ilmu dan keterampilan. Sebaliknya terhadap mahasiswa diharapkan keterlibatan aktif dalam proses belajar mengajar (PBM) mereka, terutama dalam memberikan argumentasi saat menganalisis sebuah persoalan hukum. Strategi dan metode penilaian kemajuan dan keberhasilan mahasiswa sangat diperlukan dalam PBM, seperti adanya evaluasi mid dan akhir semester, serta evaluasi kemajuan di akhir semester. Keberadaan program studi ilmu hukum FHUY terdistribusi menjadi tiga konsentrasi, yakni Bagian (1) Hukum Ekonomi; (2) Hukum Pidana; (3) Praktisi Hukum.